Strategi layanan dari setiap penyedia layanan harus didasarkan atas dasar pengakuan bahwa pelanggan tidak membeli produk, mereka membeli kepuasan dari kebutuhan khusus. Oleh karena itu, untuk menjadi sukses, layanan yang disediakan harus dapat dirasakan oleh pelanggan untuk memberikan nilai yang cukup dalam bentuk manfaat yang ingin dicapai pelanggan.
Mencapai pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan pelanggan, dalam hal apa kebutuhannya, kapan dan mengapa itu terjadi, juga membutuhkan pemahaman yang jelas tentang persis yang pelanggan yang sudah ada atau potensi pengguna dari penyedia layanan. Hal ini, pada gilirannya, memerlukan penyedia layanan untuk memahami konteks yang lebih luas dari saat ini dan potensi pasar tempat beroperasi penyedia layanan, atau mungkin ingin beroperasi di dalamnya.
Strategi layanan tidak dapat diciptakan atau ada dalam isolasi strategi menyeluruh dan budaya organisasi yang dimiliki oleh penyedia layanan. Penyedia layanan mungkin ada dalam suatu organisasi semata - mata untuk memberikan layanan pada satu unit bisnis yang spesifik, untuk layanan unit bisnis, atau mungkin beroperasi sebagai penyedia layanan eksternal yang melayani beberapa bisnis eksternal. Strategi yang diadopsi harus memberikan nilai yang cukup kepada pelanggan dan semua stakeholder penyedia layanan - harus memenuhi tujuan strategis penyedia layanan.
Terlepas dari konteks di mana penyedia layanan beroperasi, Strategi layanan juga harus didasarkan pada pengakuan yang jelas dari keberadaan kompetisi, kesadaran bahwa masing - masing pihak memiliki pilihan, dan pandangan tentang bagaimana penyedia layanan akan membedakan dirinya dalam kompetisi. Semua penyedia layanan membutuhkan strategi layanan.
Empat strategi P
1. Strategi sebagai Perspective
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
2. Strategi sebagai Position
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
3. Strategi sebagai Plan
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
4. Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan
Design Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dalam merancang sebuah aplikasi apapun pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria standar, kriterianya adalah sebagai berikut
1. Kemudahan penggunaan
Mampu membuat aplikasi Anda bekerja di beberapa perangkat dan ukuran layar(interaktif) adalah penting. Ini akan membantu User Anda membuat pengalaman yang lebih baik untuk dan akan terus lebih banyak pengguna di aplikasi Anda, bahkan jika mereka berada pada perangkat mobile.
2. Navigasi sederhana & user experience
Ketika membuat aplikasi, mempertimbangkan pengalaman pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi penyedia jasa application desain. Dengan menyederhanakan itu, pengunjung akan merasa betah yang pada gilirannya menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi yang Anda buat, dan sangat mungkin membeli produk atau jasa. Pastikan untuk memiliki navigasi yang jelas, sederhana, dan memudahkan pengguna untuk melakukan perjalanan dari satu halaman ke halaman lainnya.
3. Waktu load aplikasi
Waktu buka aplikasi Anda adalah hal yang penting untuk kepuasan pengguna. Tidak ada pengguna yang mau menunggu page load yang terlalu lama. Dengan meminimalkan waktu buka halaman Anda akan membuat pengguna lebih senang, dan juga kemungkinan besar untuk menavigasi lebih lagi dari halaman ke halaman aplikasi Anda daripada keluar karena page load yang lama
referensi
https://media.neliti.com/media/publications/174736-ID-none.pdfhttps://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/105581/jurnal_eproc/perancangan-tata-kelola-manajemen-layanan-teknologi-informasi-berdasarkan-iso-20000-dan-itil-v3-service-design-pada-layanan-sistem-informasi-akademik-igracias.pdf
https://www.s-notess.tk/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
https://adityarinaldii.wordpress.com/2014/11/09/aturan-dalam-membuat-desain-di-mobile-phone-dekstop-dan-website/
Komentar
Posting Komentar